TOP-LEFT ADS

Kok Bisa Uang Palsu Malah Banyak Beredar? Ini Penjelasan BI

ilustrasi

Uang Palsu (upal) yang baru kembali marak beredar di Provinsi Jambi. Semenjak awal tahun ini, laporan tentang beredarnya uang palsu dari masyarakat banyak di BI cabang Jambi.

Menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan, BI cabang Jambi mengantisipasi maraknya peredaran ini. Apalagi melihat modusnya sekarang bukan lagi pecahan uang besar seperti Rp100 ribu dan Rp 50 ribu, melainkan pecahan kecil Rp 5.000.

"Modus upal sekarang tidak lagi pecahan besar. BI secara resmi sudah banyak mendapatkan laporan dari masyarakat. Pecahannya sekarang Rp 5000," ucap Ismed Kasir Senior di Kantor Perwakilan BI Cabang Jambi, Senin (3/4/17).

Ia juga mengatakan untuk di Jambi sudah ada beredar dan sudah mendapatkan beberapa lembar.

"Memang kecil kelihatan, tetapi tetap merugikan secera keseluruhan," katanya.

Beralihnya pembuatan dan peredaran upal pecahan kecil ini lebih dimanfaatkan karena untuk membuat kelengahan masyarakat terhadap uang pecahan kecil.

Tidak lupa Ismed juga menjelaskan untuk mempermudah masyarakat mengetahui ciri upal pecahan Rp 5000 palsu adalah pada serinya selalu berhuruf JLF. Sedangkan pada angkanya terdapat tiga digit awal 992 diikuti angka lainnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia cabang Jambi V Carlusa mengakui tentang maraknya peredaran upal. Apalagi menjelang Ramadhan dan Hari Raya ini tentunya akan dijadikan momen tertentu untuk dimanfaatkan pengedar upal.

"Karena hal itu masyarakat harus waspada. Bila melakukan transaksi agar lebih teliti dengan cara 3 D, dilihat, diraba dan diterawang," ujarnya.

Kebanyakan yang didapat uang pecahan kecil Rp 5000 yang di palsukan adalah uang pecahan Rp 5000 yang lama, uang pecahan Rp 5000 yang baru belum ada ditemukan.

"Dengan adanya kejadian ini masyarakat tentunya harus lebih teliti, apabila ada temuan terkait upal ini segeralah melapor ke pihak BI dan Kepolisian," pungkasnya.

Sumber: imcnews



Sumber : Harian Publik - Kok Bisa Uang Palsu Malah Banyak Beredar? Ini Penjelasan BI

0 Response to "Kok Bisa Uang Palsu Malah Banyak Beredar? Ini Penjelasan BI"

Posting Komentar