TOP-LEFT ADS

OJK: Sampai Saat Ini Hanya 7 Perusahaan Gadai Terdaftar


Harianpublik.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, saat ini baru ada tujuh perusahaan gadai yang mengantongi izin resmi atau terdaftar di OJK.

Ketujuh perusahaan tersebut tediri dari satu perusahaan BUMN yaitu PT Pegadaian (Persero), tiga perusahaan swasta dengan status terdaftar, yaitu KSP Mandiri Sejahtera Abadi, KSU Dana Usaha, dan PT Rimba Hijau Investasi.

Kemudian, tiga perusahaan swasta dengan status izin usaha, antara lain PT HBD Gadai Nusantara, PT Gadai Pinjam Indonesia, dan PT Sarana Gadai Prioritas. Sedangkan, satu lagi masih dalam proses mendapatkan izin usaha, yaitu PT Jawa Barat Gadai.

“Angka tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan seluruh perusahaan gadai yang diperkirakan mencapai 1.000 unit. Padahal Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31 Tahun 2016 telah mengatur paling lambat 2018 perusahaan gadai harus memproses izin usaha dari OJK,” ujar Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Khusus 2, Sunu Kartiko di Bogor, ditulis Senin (3/4).

Menurut Sunu, pada dasarnya prosedur untuk mendapatkan izin dan tercatat di OJK sudah diatur jelas dalam beleid itu sehingga tinggal diikuti. Salah satunya menyangkut permodalan, yang menyebutkan bahwa perusahaan gadai yang beroperasi di lingkup wilayah kabupaten/kota wajib memiliki modal disetor 500 juta rupiah. Sedangkan untuk yang beroperasi di lingkup provinsi harus memiliki modal disetor 2,5 miliar rupiah.

Merujuk ketentuan perundang-undangan, ada empat kegiatan utama dan dua kegiatan usaha tambahan yang boleh dilakukan perusahaan pegadaian.

Empat kegiatan utama itu antara lain, penyaluran uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum gadai, penyaluran uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan fidusia, pelayanan jasa titipan barang berharga, dan pelayanan jasa taksiran.

Namun, ada juga kegiatan yang terlarang dilakukan oleh perusahaan gadai. Sunu mengatakan, aturan kegiatan yang dilarang tersebut ada dalam Pasal 18 POJK 31/2016 yang menyebutkan, perusahaan gadai dilarang menggunakan barang jaminan, menyimpan barang jaminan di tempat nasabah, memiliki barang jaminan, dan menggadaikan kembali barang jaminan kepada pihak lain.

“Pasal 24 POJK 31/2016 menyebutkan, barang jaminan yang dijual oleh nasabah sebelum tanggal lelang dilarang dibeli secara langsung maupun tidak langsung oleh perusahaan pegadaian atau pegawainya” tukasnya.

[Aktual]



Sumber : Harian Publik - OJK: Sampai Saat Ini Hanya 7 Perusahaan Gadai Terdaftar

0 Response to "OJK: Sampai Saat Ini Hanya 7 Perusahaan Gadai Terdaftar"

Posting Komentar