TOP-LEFT ADS

Duh Kena Deh! Biarpun Membantah, Nazar Sebut Menyaksikan Mekeng Terima Duit e-KTP

ilustrasi



Mantan ketua Badan Anggaran DPR (Banggar), Melchias Marchus Mekeng kembali disebut-sebut menerima aliran duit korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Keterlibatan Mekeng dalam proyek yang telah merugikan negara Rp 2,3 triliun itu keluar dari mulut mantan Bendahara Umum dan Fraksi Partai Demorkat M. Nazaruddin saat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP, hari ini (Senin, 3/4).

Dalam kesaksiannya, Nazar menjelaskan, sebelum adanya transaksi ke ketua serta wakil ketua Banggar DPR, sempat muncul kesepakatan besaran uang yang bakal didistribusikan ke para wakil rakyat di Senayan. Dari kesepakatan tersebut jatah untuk anggota dewan dialokasikan 5-7 persen dari nilai total proyek e-KTP. Khusus untuk jatah pimpinan Banggar 3-4 persen yang diambil dari kesepakatan awal 5-7 persen.

Saat itu, tutur Nazar, Mekeng menjabat sebagai ketua dengan tiga orang wakilnya yaitu Olly Dondokambey, Mirwan Amir, dan Tamsil Lindrung.

"Waktu pembahasan itu disepakati untuk di DPR itu dialokasikan lima sampai tujuh persen," ujar Nazar saat memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (3/4).

Nazar menyebut Mekeng sebagai ketua Banggar pernah menerima jumlah duit dua kali senilai total 1,4 juta dolar AS. Pemberian pertama sebesar 400 ribu dolar AS di ruang Mustoko Weni, bekas anggota Komisi II DPR. Ia sendiri menyaksikan ketika duit diterima Mekeng. Sedangkan sisanya 1 juta dolar AS, Nazar mengaku tidak lihat secara langsung.

"Yang 1 juta dolar ada di laporan Andi Narogong (pengusaha rekanan Kemendagri)," jelas Nazar.

Nama Mekeng mengemuka pertama kali saat jaksa KPK membacakan dakwaan dua terdakwa kasus e-KTP, Irman dan Sugiharto di sidang perdana.

Dalam dakwaan dua bekas pejabat Kemendagri itu disebutkan bahwa Mekeng menerima 1,4 juta dolar AS. Sementara jatah untuk Olly, Tamsil, dan Mirwan masing-masing 1,2 juta dolar AS.

sumber: rmol



Sumber : Harian Publik - Duh Kena Deh! Biarpun Membantah, Nazar Sebut Menyaksikan Mekeng Terima Duit e-KTP

0 Response to "Duh Kena Deh! Biarpun Membantah, Nazar Sebut Menyaksikan Mekeng Terima Duit e-KTP"

Posting Komentar